Windows Audio Service Dependencies

Jadi, recently laptop saya jadi bisu bagai kucing kehilangan lidah. Entah kenapa kemarin-kemarin Windows Services-nya banyak yang ter-disabled. Belum saya cek event log-nya. Males cari penyebabnya. Saya langsung saja coba perbaiki manual dengan mengakses Windows Services (Windows key + R, type “services.msc” OR Windows key to open start menu, type “services”).

Benar dugaan saya, tema Windows menjadi klasik karena service Windows Theme-nya disabled, juga hampir semua service lainnya. Hm.. sepertinya ini terjadi setelah saya coba update Windows. Kenapa oh kenapa.. Lalu saya enable-kan saja yang saya kira penting.

Tapi hampir dua tiga hari lalu saya bertahan tanpa audio. Saya coba start service Windows Audio, tapi nggak bisa. Saya nggak tahu service dependencies dari Windows Audio Service.. Jadi saya tanyakan ke Google, dia mereferensikan ke website ini :

http://www.blackviper.com/windows-services/windows-audio/

Dan di situ ada informasi dependensi dari Windows Audio, katanya service-service berikut dibutuhkan agar Windows Audio berfungsi properly :

Nice information. Thanks Charles..

Jadi ternyata salah satu dependency-nya, yaitu service Multimedia Class Scheduler, gak bisa jalan karena accidentally disabled. Jadi solusinya, tinggal buka properties-nya, kemudian ubah jadi start-up type jadi automatic atau manual, dan start.

Setelah itu baru deh Windows Audio-nya bisa di-start. Alhamdulillah.. Jadi bisa dengerin Radio Rodja lagi.. hehe..

14 comments
  1. Abd. Aziz said:

    Assalaamu’alaikum. Gan, kebetulan hari ini saya punya masalah yang sama. Namun karena saya baru belajar komputer sehingga masih awam imu ttg komputer. Yang saya tanyakan : properties tsb bukanya dimana ya? Saya sdh buka fi control tp nggak ketemu gambar seperti diatas. Terimakasih atas infonya.
    Wassalam.

    • wa’alaikumsalam..

      udah coba buka Services? klo belum, Tekan Windows + R, copy paste “%SystemRoot%\system32\services.msc” tanpa tanda petik, trus OK

      di situ klo di-klik dobel munculnya dialog properties seperti gambar di atas.

      semoga beres.

  2. Abu Muh. Dhiwa' said:

    Afwan , mohon bantuannya bagi ihkwan yg paham dengan computer. Laptop saya sudah hampir 1 pekan ini tidak bisa streaming untuk dengering radio rodja. Biasanya sangat masuk ke situs radio rodja , langsung kedengaran acara yg sedang berlangsung. Namun sekarang tidak bisa, harus mengactivekan plugin. Namun saat di klik di plugin tersebut masih tetap tidak bisa ( kembali ke posisi awal. Mohon bantuannya. Jazakallahu ghoiron ….

    • browser-nya apa? chrome ato firefox? mungkin ada masalah di plugin flashnya..
      page-nya http://radiorodja.com/live-streaming/ atau homepage radiorodja.com ?
      kalau suara yang lain (pakai winamp atau windows media player) bisa nggak?

      [troubleshooting masalah kompi tu kayak diagnosa penyakit, perlu informasi yg pas, hhe..]

  3. Arvia said:

    assalamu’alaikum…
    kalau saya dengerin radio rodja pakai head set, kenapa suaranya menggaung ya?
    jadi echo gitu deh, pusing dengerinnya. itu kira2 kenapa ya?
    syukron wa jazakallahu khoir…

    • wa’alaikumsalam..

      kalau denger suara lainnya kayak muter kajian di winamp ato windows media player, gitu juga nggak?

      mungkin masalahnya bukan di headset ato ridja-nya …

      mungkin di setting sound, klo ada icon speaker di taskbar tray di kanan bawah (mungkin hidden), biasanya itu buat setting (advanced) suara, kadang ada setting echo ato environment, cari dulu ya.. semoga bisa jadi gak pusing lagi, hhe..

  4. iin said:

    Assalamu’alaikum….
    Afwan,saya juga punya masalah yang sama, tp kok di-Ctrl + R ga muncul jg dialog propertiesnya ya?…..

  5. iin said:

    skali lagi “Multimedia Class Scheduler” dimana? ga ktemu,services-nya sih udh bisa…hehehe. Ga tau laptop-nya pa penggunanya yg rada-rada,hehehe…..sepi ga dgr rodja……

    • punya ane ada di daftar service itu… klo gda mungkin butuh install ulang driver… afwan,

  6. wahyu saputra said:

    Assalamu’alaikum
    Kemarin saya bisa play streaming radio Rodja pakai VLC media player, namun saat ini tidak bisa, saat mau buka VLC minta Username & Password, Pesan terakhir yang muncul adalah “VLC tidak dapat membuka MRL ‘http://live.radiorodja.com:80/’. Periksa file catatan untuk perincian”
    Apakah ada solusi untuk masalah ini.
    Jazaakallaahukhairan.

    • Wa’alaikumsalam,

      Afwan ana di sini nyoba juga nggak bisa, mungkin ada hubungannya dengan proxy authentication,

  7. Rendy said:

    AssaLamualaiquem ,, gmna cra.nya dngerin radio rodja diinternet tpii dari hp

Leave a comment